June 17, 2024

Laporan Seputar Berita Global Teraktual dan Terupdate

Selamat datang, Kami menyediakan berbagai macam laporan seputar berita global terkini, teraktual dan terupdate yang perlu kalian ketahui dan bisa kalian dapatkan di artikel ini, semoga untuk kalian yang ingin menambah wawasan, pengetahuan tentang semua berita yang ada di seluruh dunia.

Membaca Peluang Investasi Kripto Pasca Bitcoin Halving

Membaca Peluang Investasi Kripto Pasca Bitcoin HalvingBitcoin halving merupakan sebuah peristiwa penting yang sering terjadi di setiap empat tahun sekali di dalam ekosistem kripto. Ini adalah saat di mana reward bagi para penambang Bitcoin berkurang setengahnya. 

Halving menciptakan sebuah pasokan baru Bitcoin yang masuk ke dalam perputaran menjadi lebih sedikit. Hal ini sering kali mempengaruhi pasar secara keseluruhan dan menimbulkan spekulasi tentang arah harga Bitcoin dan kripto lainnya.

Membaca Peluang Investasi Kripto Pasca Bitcoin Halving
xr:d:DAGBXbwTXt8:17,j:5338315176649131246,t:24040314

Mengenal Lebih Dalam Bitcoin Halving

Membaca Peluang Investasi Kripto Pasca Bitcoin Halving – Bitcoin halving adalah mekanisme yang telah diatur dalam protokol Bitcoin sejak penciptaannya. Setiap 210.000 blok, atau sekitar empat tahun sekali, reward yang diberikan kepada penambang Bitcoin untuk memvalidasi transaksi dalam blok baru dikurangi separuhnya. 

Ini dimaksudkan untuk mengendalikan inflasi Bitcoin dan membatasi pasokan total Bitcoin yang akan pernah ada menjadi 21 juta. Halving pertama yang berlangsung di tahun 2012, sementara itu yang kedua pada tahun 2016, hingga yang ketiga terjadi pada tahun 2020. Setiap halving berdampak pada penawaran dan permintaan Bitcoin, mempengaruhi dinamika pasar dan sering kali memicu volatilitas harga yang signifikan.

Peluang Investasi Kripto Pasca Bitcoin Halving

Beberapa cryptocurrency, termasuk Bitcoin (BTC), mengalami penurunan dalam beberapa sesi perdagangan setelah halving. Namun, saat ini pasar cenderung bergerak sideways dan ada potensi rebound khususnya untuk Bitcoin. 

Menurut data dari CoinMarketCap pada pukul 17.15 WIB, Bitcoin diperdagangkan sekitar US$60.860 per koin, mengalami penurunan sebesar 3,27% dalam 24 jam terakhir. Selama seminggu terakhir, BTC juga turun sebesar 3,66%. Ethereum, cryptocurrency dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua, diperdagangkan sekitar US$2.908 per koin. 

Koin ini mengalami penurunan sebesar 4,02% dalam 24 jam atau 6,27% selama seminggu terakhir. Demikian pula, Solana (SOL) dan Cardano (ADA) masing-masing mengalami penurunan sebesar 5,81% dan 3,78% dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk meme coin seperti Dogecoin dan Shiba Inu, keduanya mengalami penurunan sebesar 4,78% dan 3,44%.

Menurut peneliti kripto, Reku, atau yang dikenal sebagai Fahmi Almuttaqin, saat ini pasar kripto mungkin sedang bergerak lambat atau stagnan. Akan  tetapi, masih ada optimisme tinggi bahwa akan ada pergerakan positif di masa depan. Menurutnya, tanda-tanda optimisme ini bisa dilihat dari biaya rata-rata untuk menambang Bitcoin yang mengalami kenaikan signifikan.

Data dari macromicro.me mencatat bahwa biaya rata-rata untuk menambang satu Bitcoin telah meningkat dalam beberapa hari setelah halving. Biaya tersebut kini berada di kisaran $90 ribu atau sekitar Rp 1,5 miliar. Ini menunjukkan bahwa meskipun pasar mungkin sedang dalam fase stagnan, ada indikasi bahwa para penambang dan pelaku pasar kripto lainnya masih melihat prospek positif di masa depan.

Biaya menambang yang melebihi harga pasar Bitcoin menunjukkan tingkat optimisme yang tinggi di kalangan para penambang. Mereka terus menambang Bitcoin meskipun reward-nya berkurang setelah halving. Ini menunjukkan keyakinan para penambang dalam prospek jangka panjang Bitcoin, meskipun saat ini harga pasar mungkin tidak mencerminkan hal tersebut.

Terdapat beberapa peluang pasca terjadinya Bitcoin Halving. Berikut ini di antaranya:

1. Potensi Kenaikan Harga

Sejarah telah menunjukkan bahwa harga Bitcoin cenderung mengalami kenaikan setelah setiap halving. Hal ini disebabkan oleh kombinasi faktor, termasuk penurunan pasokan baru Bitcoin dan peningkatan minat investor. Namun, tidak ada jaminan bahwa hal yang sama akan terjadi di masa depan, dan pasar kripto tetaplah sangat spekulatif.

2. Efek Jangka Panjang

Meskipun dampak Bitcoin Halving biasanya terlihat dalam beberapa bulan pertama setelahnya, beberapa analis percaya bahwa efek jangka panjang dari halving mungkin lebih signifikan. Penurunan pasokan baru Bitcoin secara bertahap dapat menciptakan tekanan ke atas pada harga dalam jangka waktu yang lebih lama.

3. Diversifikasi Portofolio

Bagi investor yang sudah memegang Bitcoin atau kripto lainnya, halving dapat menjadi saat yang baik untuk mengevaluasi, dan jika diperlukan, menyesuaikan portofolio mereka. Diversifikasi portofolio dengan aset kripto lain atau aset tradisional bisa menolong dalam mengurangi dampak risiko hingga menambahkan potensi pada keuntungan.

4. Perkembangan Teknologi

Selain memperhatikan harga, investor juga harus memperhatikan perkembangan teknologi dan adopsi kripto secara lebih luas. Pertumbuhan infrastruktur kripto, pengembangan aplikasi baru, dan adopsi oleh institusi keuangan dapat memberikan dorongan jangka panjang bagi nilai kripto.

Risiko dan Pertimbangan Berinvestasi pada Pasar Kripto

Jika Anda tertarik dengan dunia kripto, Anda perlu untuk mengetahui beberapa risiko sebelum Anda terjun ke pasar ini. Berikut inilah di antaranya, yaitu:

1. Volatilitas Tinggi

Pasar kripto diketahii dengan volatilitasnya yang sangat tinggi. Meskipun halving dapat memicu lonjakan harga, ini juga dapat diikuti oleh koreksi tajam. Investor wajib untuk siap menghadapi fluktuasi harga yang begitu signifikan.

2. Regulasi

Regulasi merupakan faktor risiko yang signifikan dalam investasi kripto. Perubahan kebijakan pemerintah atau larangan perdagangan dapat mempengaruhi harga dan likuiditas pasar.

3. Keselamatan

Keamanan digital adalah perhatian utama dalam investasi kripto. Investor harus mengetahui bahwa individual memanfaatkan platform dan dompet yang aman supaya dapat menyimpan aset kripto mereka.

4. Riset dan Pendidikan

Investasi kripto membutuhkan sebuah pemahaman yang lebih baik mengenai teknologi blockchain maupun dinamika pada pasar kripto. Melakukan riset yang menyeluruh dan terus-menerus memperbarui pengetahuan tentang industri ini sangat penting.

Kesimpulan:

Bitcoin halving adalah peristiwa penting dalam ekosistem kripto yang dapat mempengaruhi harga dan dinamika pasar secara keseluruhan. Meskipun tidak ada jaminan keuntungan, banyak investor melihat halving sebagai kesempatan untuk berinvestasi atau menyesuaikan portofolio kripto mereka.

Akan tetapi, pentingnya untuk diketahui bahwa investasi kripto mempunyai risiko tinggi dan membutuhkan pemahaman yang baik tentang tersebut. Sebelum melaksanakan investasi, pentingnya dalam melakukan riset yang lebuh mendalam dan berkonsultasi kepada profesional keuangan jika dibutuhkan.

Mari manfaatkan momen pasca Bitcoin Halving ini dengan terus belajar mengenai ekosistem kripto yang ada. Mulailah belajar dari sekarang agar di kemudian hari tidak menyesal.