May 23, 2024

Laporan Seputar Berita Global Teraktual dan Terupdate

Selamat datang, Kami menyediakan berbagai macam laporan seputar berita global terkini, teraktual dan terupdate yang perlu kalian ketahui dan bisa kalian dapatkan di artikel ini, semoga untuk kalian yang ingin menambah wawasan, pengetahuan tentang semua berita yang ada di seluruh dunia.

Kebakaran Hutan di Kanada Barat Sebabkan Masalah Pada Udara

Kebakaran Hutan di Kanada Barat Sebabkan Masalah Pada Udara – Kebakaran hutan di Kanada Barat telah merembet ke area seluas 10.000 hektar hingga Minggu kemarin. Menurut laporan dilansir dari Reuters, pada Senin, petugas pemadam kebakaran telah memadamkan api besar yang mengarah ke barat Kanada.

Mereka melakukannya ketika angin dan kondisi kering mengancam api menyebar lebih jauh lagi. Tingkat keparahan kebakaran memaksa pemerintah untuk mengeluarkan surat perintah untuk evakuasi. Hal ini juga didasarkan pada kualitas udara yang memburuk di seantero provinsi.

Kebakaran Hutan di Kanada Barat Sebabkan Masalah Pada Udara

Kebakaran Hutan di Kanada Barat Sebabkan Masalah Kualitas Udara, Ribuan Warga Harus Mengungsi

Kebakaran Hutan di Kanada Barat Sebabkan Masalah Pada Udara – Kobaran api semakin tidak terkendali dan memaksa warga untuk evakuasi segera. AFP melaporkan Kota Fort Nelson, Provinsi British Columbia menjadi wilayah yang terdampak kebakaran. Kebakaran terjadi dari arah barat ke arah timur laut.

Rob Fraser menuturkan kebakaran dipicu oleh pohon tumbang yang di akibat oleh angin kencang yang menimpa pada kabel listrik Temperatur udara yang diperkirakan meningkat berpengaruh besar terhadap kobaran api. Angin dari tenggara diprediksi akan membawa api menjauh dari jalan raya utama menuju Sungai Athabasca.

Kondisi Kualitas Udara

Cuaca dingin di sepanjang malam sedikit lebih banyak menolong dalam memperkecil pada kobaran api. Namun, sesudahnya angin kencang bertiup membuat wilayah tersebut kembali berkobar. Walikota Regional Rockies Utara, Walikota Regional Rockies Utara, Rob Fraser mengutarakan kawasannya pada saat sekarang sedang mengalami level tertinggi dari kekeringan pada skala lima tahap.

Kondisi ini yang membuat kebakaran hutan di Kanada Barat sulit untuk dipadamkan. Kebakaran ini menjadi salah satu kebakaran yang tidak terkendali di Kanada bagian Barat. Selain itu juga mengintimidasi di sekitar provinsi Alberta hingga Manitoba.

Kota regional Wood Buffalo di timur laut Alberta telah memberikan sebuah peringatan terhadap penduduk sekitar supaya siap untuk mengungsi. Dikarenakan, kebakaran yang berposisikan di sekitar 16 km ke arah barat mencapai 55 km persegi pada ukuran.

Asap kebakaran memicu peringatan kualitas udara dari British Columbia hingga Manitoba. Kondisi di wilayah Barat telah membawa dampak peringatan pada kualitas udara di Alberta maupun Saskatchewan. Environment Canada telah mengutarakan sebuah pernyataan kualitas udara khusus yang terhampar dari British Columbia ke Ontario dari minggu lalu.

Ribuan Warga Harus Dievakuasi

Menurut informasi dari Reuters, ribuan penduduk di Kotamadya Regional Rockies Utara hingga Fort Nelson First Nations harus wajib untuk dievakuasi. Hal tersebut terjadi karena kebakaran hutan di Kanada Barat menjadi sangat meningkat hampir dua kali lebih besar hinggamenjadi 4.136 hektar.

Daerah Fort Nelson First Nation sekitar 7 kilometer dari kota juga mengutarakan perintah evakuasi yang sama. Update hingga kemarin (13/05/2024) sebagian besar dari 3.500 penduduk di dalam dan sekitar telah dievakuasi. Peringatan evakuasi juga dikeluarkan oleh daerah sekitar lokasi kebakaran.

Mulai diberlangsungkan di Fort McMurray, Saprae Creek Estates. Diperluas mencapai Gregoire Lake Estates hingga Rickards Landing Industrial Park. Meskipun tidak ada dampak risiko secara langsung terhadap lembaga ini, peringatan ini membenarkan warga untuk siap mengungsi apabila kondisi menjadi berubah.

Kebakaran di Provinsi Alberta dan Manitoba

Kebakaran di Provinsi Alberta maupun Manitoba di Kanada Barat juga terjadi di dekat kawasan Fort McMurray hingga Grande Prairie di Alberta. Sementara itu, para petinggi dari Manitoba mengevakuasi kurang lebih 500 orang dari lembaga Cranberry Portage. Sekolah-sekolah di Fort McMurray masih buka pada hari Senin, meski telah dikeluarkan peringatan mengungsi.

Kebakaran juga melanda Manitoba bagian barat yang memaksa lembaga Flin Flon maupun The Pas untuk cepat berbegas mengungsi. Sebanyak 43 titik kebakaran terjadi di kawasan tersebut, salah satu yaitu kota yang berjarak 15 kilometer dari wilayah Fort McMurray.

Kota tersebut berada di daerah berhutan yang dikenal akan produksi minyak dari pasir tar. Pada tahun 2019, daerah tersebut telah mengalami kebakaran hebat yang memaksa sekitar 90 ribu warga mengungsi.

Pekan lalu, pemerintah Kanada telah melaporkan temperatur Kanada selama beberapa bulan kedepan akan lebih tinggi dari sebelumnya. Karena demikianlah pemerintah mewanti-wanti kondisi ini akan mengakibatkan risiko kebakaran hutan.

Kebakaran Kanada di Tahun 2023

Tahun lalu, Kanada mencatat kasus kebakaran hutan terparah. Api telah membakar lebih dari sekitar 15 juta hektar wilayah dari ujung ke ujungnya. Bahkan, delapan diantara banyaknya petugas pemadam kebakaran yang menangani kasus ini tewas dalam peristiwa tersebut. Selain itu, 230 ribu orang dievakuasi ke daerah yang lebih aman.

Kebakaran hutan di Kanada Barat tersebut telah terjadi berawal dari bulan Maret sampai November 2023 Sejumlah wilayah mengalami kebakaran, termasuk Yellowknife, British Columbia, dan Alberta. Pusat Kebakaran Hutan Antarlembaga Kanada memprediksi telah terjadi 5.783 kebakaran pada sepanjang tahun 2023.

Kekeringan juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kebakaran hutan ditahun 2023 tersebut. Sebagian besar kawasan yang ada di Kanada hanya mengalami lebih sedikit hujan es pada musim dingin sampai pada bulan Maret 2023. Tidak hanya itu saja, kekeringan yang melanda sepanjang musim semi menjadi penyebabnya.

Penyebab Kebakaran Hutan di Kanada

Kebakaran yang seringkali terjadi di Kanada memberikan kesulitan bagi warganya, tidak terkecuali kebakaran hutan di Kanada Barat. Penyebab terjadinya kebakaran hutan ini karena kekeringan dan suhu tinggi yang memperburuk kondisi. Dikarenakan, sebagian besar kota di Kanada mengalami kondisi kekeringan yang tidak wajar atau lebih menjadi lebih buruk lagi

Kanada memiliki riwayat kebakaran hutan yang parah di tahun-tahun sebelumnya. Pada bulan Mei 2016, kobaran api telah menghabiskan 10 persen bangunan yang ada Kota Fort McMurray, Alberta. Daerah tersebut terkenal sebagai penghasil energi di bagian utara Alberta.

Pada bulan Juni 2021, sampai 90 persen bangunan di Desa Lytton British Columbia telah terbakar habis. Hanya sehari setelah desa tersebut mencatatkan rekor suhu terpanas di Kanada. Karena peristiwa kebakaran hutan yang terus terjadi, pemerintah berupaya untuk mencegahnya.

Iklim menjadi salah satu penyebab utama terjadinya peristiwa ini. Kebakaran Hutan di Kanada Barat yang terjadi saat ini mencatatkan kualitas udara berbahaya dan memicu asap tebal. Setiap tahunnya, pemerintah merasakan kekhawatiran menjelang musim panas pemicu kebakaran.